Lakukan 9 Kebiasaan Berikut agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Lakukan 9 Kebiasaan Berikut agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Mengutip laman resmi WHO, penyakit jantung iskemik atau jantung koroner bertanggung jawab atas 16 persen dari total kematian di dunia.

Untuk menghindari penyakit jantung, seseorang harus menerapkan kebiasaan hidup sehat. Dilansir dari Healthgrades, berikut merupakan Sembilan kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung:

Makanan memiliki peranan penting dalam pencegahan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Beberapa makanan yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung antara lain biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Sementara makanan yang sebaiknya dihindari termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, natrium, dan gula.

Kebiasaan lain yang dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung adalah olahraga secara rutin. Tidak harus rumit, kegiatan seperti mengajak anjing jalan-jalan, bermain dengan anak-anak, mengadakan pesta dansa hingga berkebun juga dinilai sama baiknya dengan olahraga karena dapat membakar keringat.

Kebiasaan merokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif, dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, penting untuk mencoba berbagai cara atau pendekatan agar kebiasaan tersebut dapat dihentikan.

Selain rokok, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko serangan jantung. Agar risiko tersebut bisa diminimalisir, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi minuman beralkohol hingga batas maksimum yang disarankan, yakni 2 gelas per hari untuk pria dan 1 gelas per hari untuk wanita.

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa penyakit gusi kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, menjaga kebersihan gigi tidak hanya baik bagi kesehatan umum, tetapi juga baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Kebiasaan yang dapat mencegah penyakit jantung selanjutnya adalah minum teh. Sebuah studi di Rumah Sakit Johns Hopkins menemukan bahwa kebiasaan minum secangkir teh setiap hari dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 35 persen. Hasil pengamatan peneliti menunjukkan bahwa peminum teh sering kali memiliki gaya hidup sehat yang dituangkan ke dalam kebiasaan sehat.

Menurut American Heart Association, orang yang memiliki risiko tinggi terkena jantung dianjurkan untuk mengonsumsi aspirin dosis rendah setiap hari. Akan tetapi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar terhindar dari potensi komplikasi.

Dua pertiga remaja memiliki risiko mengalami penyakit jantung. Oleh karena itu, anak-anak membutuhkan orang dewasa yang dapat memberi mereka contoh hidup sehat.

Stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, jaga agar tingkat stres anda tetap rendah dengan berbagai kegiatan seperti menonton acara TV favorit, mengobrol dengan teman, atau mendengarkan musik.

Tanda Jantung Bermasalah yang Tak Boleh Diabaikan

NasmiaKesempatan kamu untuk sukses di setiap kondisi selalu dapat diukur oleh seberapa besar kepercayaan kamu pada diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Lakukan 9 Kebiasaan Berikut agar Terhindar dari Penyakit Jantung"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *