Berbagai Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

Rumput laut merupakan salah satu hasil olahan pangan dari laut yang bergizi tinggi. Tumbuhan laut ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis yang populer di antaranya adalah nori, wakame, kombu, dan spirulina. Selain sebagai bahan makanan atau kaldu, rumput laut juga dikemas dalam bentuk suplemen. Hal ini karena rumput laut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Rumput laut termasuk dalam kelompok tanaman algae. Jenis dan warna rumput laut terbagi atas ganggang hijau, ganggang merah, dan ganggang coklat. Sejak dahulu, rumput laut digunakan untuk mengobati luka, luka bakar, dan ruam kulit. Rumput laut terdiri atas kalori, air, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium bekalium, beta karoten, dan vitamin C. Dikutip dari laman Universitas Airlangga, berikut berbagai manfaat rumput laut untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan

Rumput laut mengandung pigmen fucoxanthin, yang mampu melancarkan metabolisme serta mengubah lemak menjadi energi. Pada penelitian dijelaskan bahwa alginat yang merupakan serat alami pada rumput laut cokelat dapat menghalangi penyerapan lemak pada usus sebanyak 75%. Kandungan serat pada rumput laut ini membuat perut menjadi kenyang lebih lama.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Rumput laut memiliki vitamin K yang bekerja sama dengan trombosit yang mampu membentuk gumpalan atau pembekuan darah. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.

3. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium pada rumput laut dapat menjaga dan memelihara kekuatan tulang dan gigi.

4. Meningkatkan energi

Zat besi pada rumput laut dapat membentuk hemoglobin, yaitu sel darah merah. Salah satu fungsi hemoglobin ini adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

5. Menstabilkan gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat bisa didapatkan dari sayur, buah, dan rumput laut yang membantu memperbaiki kadar gula darah. Senyawa fucoxantin dan alginat dalam rumput laut diyakini dapat mengurangi resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah, juga mencegah diabetes tipe 2.

6. Terhindar dari pembengkakan kelenjar tiroid

Yodium pada rumput laut memilik khasiat untuk mempertahankan tiroid yang sehat. Tiroid yang bermasalah dapat menyebabkan otot melemah, serta kolesterol tinggi.

7. Melawan radikal bebas

Dalam rumput laut, senyawa anti-oksidan, karotenoid, dan flavonoid bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel. Senyawa anti-oksidan dan flavonoid dari rumput laut ini juga membantu mencegah tubuh mengalami penyakit jantung dan diabetes.

8. Mencegah risiko penyakit jantung

Senyawa anti-oksidan pada rumput laut bermanfaat untuk mencegah risiko kerusakan sel dalam tubuh juga penyakit jantung. Rumput laut menjadi sumber serat larut air yang baik. Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Berbagai manfaat kesehatan di atas bisa didapatkan dengan mengonsumsi rumput laut dengan baik. Jika dikonsumsi secara berlebihan, rumput laut dapat menyebabkan hipertensi karena kadar yodium yang berlebihan pada tubuh.

NasmiaKesempatan kamu untuk sukses di setiap kondisi selalu dapat diukur oleh seberapa besar kepercayaan kamu pada diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Berbagai Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *